Kunci Jawaban Buku Tematik hanya ditujukan bagi orang tua agar memudahkan memandu proses belajar mengajar di rumah.
Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik kelas 3 SD
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD Tema 1 Halaman 168
Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut. Tuliskan persamaan dan perbedaan yang terlihat.
Jawaban :
Keterangan :
Umbi batang merupakan modifikasi batang yang terletak di bawah permukaan tanah kemudian menggembung karena menyimpan cadangan makanan. Pada umbi batang terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh dari tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang antara lain kentang, ubi jalar, gadung dan lain sebagainya.
Umbi lapis merupakan modifikasi daun tang terletak di bawah permukaan tanah kemudian menggembung berisi cadangan makanan. Sedangkan batangnya berbentuk pipih tempat menempelnya umbi lapis serta akar. Batang tersebut disebut sebagai roset batang. Contoh dari tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis antara lain bawang merah, bawang putih, bawang bombai, lili dan lain sebagainya.
Umbi akar merupakan modifikasi akar yang menggembung berisi cadangan makanan. Umbi akar jika ditanam hanya berupa umbi tidak dapat tumbuh, sehingga harus ditanam disertai dengan sedikit batangnya karena umbi akar tidak memiliki mata tunas. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar antara lain singkong, wortel, lobak dan sebagainya.
Kesimpulan :
Persamaan dari umbi tanaman kentang, ubi jalar, bawang, bunga bakung, wortel, dan singkong adalah terdapat di bawah permukaan tanah dan dapat menyimpan cadangan makanan. Perbedaan dari umbi tanaman kentang, ubi jalar, bawang, bunga bakung, wortel dan singkong adalah umbi kentang dan umbi ubi jalar termasuk umbi batang yang merupakan modifikasi batang, umbi bawang dan bunga bakung termasuk dalam umbi lapis yang merupakan modifikasi dari daun, sedangkan umbi wortel dan umbi singkong termasuk dalam umbi akar yang merupakan modifikasi akar.
Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?
Bawang merah disebut umbi lapis karena bawang merah meyimpan cadangan makanannya pada akar sehingga disebut umbi dan bawang merah memiliki siung yang berlapis-lapis sehingga disebut lapis.
Kelas 3 SD Tema 1 Halaman 169
Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.
Jawaban
Tahapan perkembangbiakan bawang merah adalah dengan cara melakukan perkawinan dengan cara penyerbukan bawang merah yang dimana kemudian sebelumnya telah dilakukan oleh lebah dan juga serangga untuk sebelumnya menjadi berbagai macam bentuk akan umbi baru, perkembangbiakan bawang merah membutuhkan waktu yang cukup lama.
Menanam umbi batang atau singkong tergolong mudah. Kita tinggal memotong batang tersebut lalu menanamnya. Tunggu beberapa hari, maka kalian dapat melihat daun tumbuh dari batang tersebut.
Batang singkong yang tidak terpakai dapatdigunakan sebagai alat permainan. Lebih tepatnya
dipakai sebagai alat ukur lompatan dalam sebuah permainan.
Ayo Mencoba
Cobalah kamu lakukan permainan berikut ini.
Cara bermain.
1. Siapkan garis batas sebagai garis tanda awal lompatan.
2. Siapkan batang untuk alat mengukur lompatan.
3. Mulailah mengambil ancang-ancang.
4. Berlarilah sampai garis batas lompatan.
5. Melompatlah sejauh-jauhnya dari garis tersebut.
6. Beri tanda batas hasil lompatanmu.
7. Ukurlah jarak lompatanmu menggunakan batang singkong.
8. Urutkan temanmu dari yang paling jauh lompatannya.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD Tema 1 Halaman 172
Hari ini Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong
yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua
pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan temantemanmu?
Tulislah pengalamanmu pada tempat di bawah ini!
Ceritakan di depan teman-temanmu!
Jawaban
Peristiwan 17 Agustus
Pada waktu aku kelas 7, aku dan temanku sekelas menghias karena kita ikut serta lomba menghias kelas. Kami tolong menolong dalam segala hal. Aku dan temanku diperintah guru untuk membeli segala keperluan menghias kelas. Kami membeli keperluas menghias kelas bersama-sama.
Kami membeli keperluan seperti balon, kertas origami, lem kertas, gunting dan pita. Kami mencari botol bekas untuk dibuat menjadi lampion yang lucu.
Ketua kelas membagi tugas, tugasku menghias halaman kelas dan temanku membuat ornamen-ornamen dinding. Walaupun kami sudah diberi tugas masing-masing tetapi kami tetap saling membantu satu sama lain. Aku membantu teman membuat lampion dari botol bekas dan balon, temanku juga membantu untuk menyapu halaman kelas.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua memberikan informasi tentang makanan yang berasal dari umbi-umbian
Jawaban :
Singkong, Singkong merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Singkong dapat diolah menjadi singkong rebus, getuk, keripik singkong, singkong bakar dan masih banyak lagi.
Wortel, Wortel merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Wortel dapat diolah menjadi jus wortel, bahan untuk sayur, salad dan masih banyak lagi.
Ubi, Ubi merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Ubi dapat diolah menjadi minuman seperti taro milk tea ataupun makanan seperti bolu ubi, bola ubi, ubi bakar dan masih banyak lagi.
Kentang, Kentang merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Kentang dapat diolah menjadi kentang goreng, perkedel kentang, mashed potato, keripik kentang dan masih banyak lagi.
Jahe, Jahe merupakan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Jahe dapat diolah menjadi wedang jahe, permen jahe dan masih banyak lagi.
Disclaimer:
- Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
- Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.
0 Comments